7 Kode Plastik Daur Ulang

Daur ulang plastik menjadi salah satu peluang bisnis yang menguntungkan hingga saat ini. Ada beberapa hal yang perlu diketahui mengenai bahan sampah plastik ini agar bisa memilah bahan-bahan yang memiliki nilai tinggi. Di pasaran yang paling banyak dicari adalah bahan plastik dengan kode PET yang biasanya terdapat di gelas plastik maupun botol plastik air mineral. Di bawah ini ada 7 kode plastik yang umumnya terdapat/tertera di bawah produk kemasan plastik.

PETE / PET (Polyethylene Terephthalate) – Ciri umum yang bisa dikenali adalah bening atau transparan, jernih, serta kuat. Biasanya digunakan sebagai tempat minuman seperti air mineral dan sejenisnya dengan bentuk botol. PET hanya digunakan untuk air dingin, maka tidak disarankan dipergunakan untuk menyimpan air dalam suhu panas maupun hangat. Daur ulang bahan PET atau PETE bisa menjadi material/bahan polyester, salah satunya adalah benang karpet.

HDPE (High Density Polyethylene) – Ciri umum berwarna asli yang tembus pandang dan bahannya kaku. Biasanya digunakan untuk kemasan produk cairan kimia, herbal, obat-obatan, susu, pestisida, pupuk, minyak, bahan makanan, dan masih banyak lagi. Sifatnya tahan terhadap bahan-bahan kimia. Daur ulang bahan HDPE biasanya dipergunakan untuk kemasan produk kesehatan, ember, pipa, pot, dan masih banyak lagi lainnya.

Peluang Bisnis Daur Ulang Sampah Plastik

PVC / V (Polyvinyl Chloride) – Ciri umum secara fisik adalah tahan terhadap cuaca, bahan kimia, dan listrik. Bahan ini juga memiliki bentuk fisik yang stabil terhadap kondisi yang sudah disebutkan diatas. Dari banyak jenis material plastik, PVC memiliki tingkat kesulitan tinggi untuk proses daur ulang. Selain itu biaya daur ulang sangat mahal. Kebanyakan PVC digunakan untuk fungsi lain tanpa harus di proses, contohnya kerajinan, hiasan, atau untuk keperluan artistik interior/eksterior rumah.

LDPE (Low Density Polyethylene) – Ciri umum sebagai tempat pembungkus yang lentur dan tipis seperti tas plastik, pembungkus makanan, tutup plastik, serta masih banyak lagi lainnya. Daur ulang LDPE bisa digunakan untuk berbagai barang yang memerlukan kekuatan tapi fleksibel.

PP (Polypropylene) – Ciri umum yang dimiliki oleh bahan ini adalah punya ketahanan yang cukup baik terhadap bahan kimia, titik leleh yang tinggi, serta kuat. Biasa dipergunakan untuk produk makanan, minuman, dan obat-obatan yang mengandung kimia keras. Daur ulang PP bisa menjadi berbagai produk untuk komponen otomotif, alat tulis, tali, karpet, alat-alat laboratorium, sapu, sikat, tempat baterai, dan lain sebagainya.

PS (Polystyrene) – Ciri umum sebagai tempat makanan styrofoam, gelas, dan piring plastik sekali pakai, serta karton tempat telur. Khusus untuk bahan Polystyrene sangat berbahaya sebenarnya jika digunakan untuk tempat makan dan minum, karena PS mengandung Styrine yang memiliki efek negatif terhadap sistem syaraf dan otak manusia. Larangan penggunaan styrofoam sudah banyak diterapkan di berbagai negara sebagai tempat makanan. Daur ulang PS bisa menjadi produk mainan anak-anak, busa pelindung/pengaman, meja, isolasi, dan masih banyak lagi lainnya

OTHER – Kode ini diperuntukkan untuk semua kategori produk plastik yang tidak termasuk pada 6 jenis diatas. Ada 4 macam untuk jenis plastik berkode 7 ini yaitu ABS (acrylonitrile butadiene styrene), Nylon, PC (polycarbonate), dan SAN (styrene acrylonitrile). Kode ABS dan SAN memiliki tingkat kekuatan dan ketahanan tinggi terhadap reaksi bahan kimia serta suhu.

Copy link
Powered by Social Snap