Berani Dalam Mengatasi Masalah Bisnis

Berani Dalam Mengatasi Masalah BisnisDalam dunia bisnis kita tidak bisa memastikan segala sesuatunya bisa berjalan dengan lancar walaupun sudah melalui analisa dan perhitungan yang maksimal. Layaknya kehidupan di dunia yang berjalan secara dinamis maka sebuah usaha bisa berjalan dengan sangat baik bahkan sekali waktu jatuh terpuruk. Kali ini kami dari TipsIdeBisnis.com akan memberikan beberapa hal yang bisa membantu para usahawan yang saat ini sedang mengalami masalah terhadap bisnisnya.

Permasalahan yang paling banyak dihadapi selain soal modal adalah hubungan antara penjual dan konsumen terutama soal pemesanan. Ketika sebuah bisnis berjalan dalam situasi yang sehat maka segala bentuk permintaan akan bisa dipenuhi sesuai waktu yang diberikan atau disepakati. Namun saat tidak berada dalam kenyataan yang baik maka yang terjadi adalah anda punya produk berkualitas dengan permintaan banyak namun dalam proses produksi sedang mengalami masalah.

Hingga saat ini masih banyak pengusaha terutama sektor industri usaha kecil dan menengah mengalami permasalahan diatas dan sedikit yang bisa mengelola masalah tersebut secara bijaksana dan berani. Kebanyakan langkah yang diambil adalah “melarikan diri” dari permasalahan sehingga mengalami kehilangan pelanggan potensial. Hal tersebut menjadi suatu kisah klasik karena faktor gengsi, harga diri, maupun malu jika harus berkomunikasi dengan pelanggan mengenai kondisi yang sebenarnya.

Memang pada satu sisi pelanggan bisa dimaklumi untuk tidak peduli apa yang sedang terjadi, yang jelas pesanan nya jadi sesuai waktu yang ditentukan. Itu sudah resiko dalam menjalani bisnis sehingga yang perlu dilakukan adalah melakukan komunikasi agar mereka tidak merasa diabaikan dan ditinggalkan dan memberikan suatu gambaran nyata bahwa produksi mengalami gangguan.

Hal diatas adalah tindakan awal guna memberikan kepastian bagi pelanggan dan juga bagi pelaku usahanya itu. Resiko dicaci maki konsumen dengan segala sumpah serapah bahkan tuntutan secara hukum harus sudah dipersiapkan secara psikologis. Kepiawaian dalam berkomunikasi dengan pelanggan juga menjadi poin penting dalam menentukan usaha tersebut akan bisa berjalan atau berhenti. Tidak semua pelanggan akan menyerang anda dengan kata-kata menyakitkan atau bahkan bisa memaklumi keadaan yang sedang terjadi saat itu ketika pesanan belum bisa di produksi dalam waktu dekat.

Ketika anda sudah menghubungi semua pelanggan dengan hasil yang bervariasi maka langkah selanjutnya adalah menganalisa dan membuat suatu perubahan secara cepat agar bisa meningkatkan waktu produksi. Kendala modal, sumber daya manusia, hingga yang lainnya harus segera diatasi salah satunya dengan memasukkan investor. Seorang investor akan bisa cepat memberikan suatu keputusan untuk memberikan modal maupun sumber dayanya jika anda memiliki produk yang bagus dan berkualitas. Itu menjadi kunci utama untuk membenahi pengelolaan bisnis yang sedang akan anda perbaiki kesehatannya.

Kesimpulan dari tulisan kali ini adalah menahan anda terperosok kedalam situasi yang mengerikan ketika masih memiliki produk yang berkualitas. Berkomunikasi dengan pelanggan secara baik sehingga kedua belah pihak mendapatkan gambaran kondisi nyata dan membuat suatu keputusan terbaik dalam tempo cepat agar produksi bisa ditingkatkan. Lepaskan gengsi dan malu untuk memberikan informasi kondisi perusahaan kepada pelanggan karena itu menyangkut kepercayaan. Rasa percaya para pelanggan akan bisa kembali seperti dulu bahkan meningkat jika anda bisa membuktikan bisa mengatasi permasalahan bisnis anda secara bijaksana dan cerdas.

Copy link
Powered by Social Snap