Cara Meningkatkan Kepercayaan Pembeli

Cara Meningkatkan Kepercayaan PembeliSeorang teman menyampaikan keluhannya kepada penulis bahwa berdagang dengan cara online sangat sulit. Kesulitan yang dia ungkapkan barang dagangan tidak laku walaupun dilihat statistik kunjungan di blognya cukup lumayan. Dia menceritakan sudah berbagai cara dilakukan mulai promosi di berbagai media sosial seperti facebook, twitter, dan sejenisnya, beberapa forum besar, bahkan sampai menayangkan iklan di beberapa website.

Bisnis dengan memanfaatkan media internet memang lebih efisien dan hemat biaya serta waktu, tetapi jika tidak dilakukan dengan benar maka seseorang akan banyak kehilangan waktu dan kesempatan dalam meraih sukses. Jika dilihat banyaknya pelaku bisnis online yang memasarkan melalui website maupun media sosial ternyata masih banyak yang tidak memperhatikan faktor-faktor yang bisa meningkatkan kepercayaan orang lain agar tertarik dengan produk yang ditawarkan. Berikut ini beberapa hal yang harus diperhatikan oleh para pelaku bisnis online agar orang bisa lebih mempercayai produk yang ditawarkan.

Alamat Lengkap dan Jelas
Calon pembeli akan berpikir berulang kali jika ingin membelanjakan uangnya di sebuah toko online yang tidak jelas asal usulnya. Karena sudah terlalu banyak penipuan online yang membuat orang semakin berhati-hati dalam melakukan transaksi pembelian. Oleh karena itu untuk memberikan jaminan kepada orang lain yang akan berbelanja lampirkan alamat yang lengkap dan jelas termasuk nama pemilik dan nomor telfon aktif selain alamat email. Ini berlaku bagi pelaku bisnis yang mempunyai produk sendiri atau memiliki stok barang.

Sedangkan bagi yang menjalankan penjualan dengan cara afiliasi atau dropshipping yang notabene tidak mempunyai stok karena fungsinya hanya sebagai penjual produk orang lain sebenarnya cukup menggunakan kontak email hingga nomor telefon untuk konfirmasi pembayaran dan pengiriman saja. Namun karena banyaknya penipuan yang marak terjadi dengan menggunakan cara berbisnis seperti yang disebutkan diatas maka perlu teknik tambahan guna mengantisipasi “ketakutan” calon pembeli terhadap produk yang anda tawarkan itu.

Reputasi Itu Penting
Meningkatkan reputasi sangat perlu dilakukan oleh pelaku bisnis online terutama bagi orang yang menjual produk  orang lain. Hal tersebut bagian dari pemasaran strategis untuk menjaring banyak orang agar tertarik membeli produk yang anda tawarkan. Memanfaatkan media sosial dan forum umum termasuk dalam langkah strategis meningkatkan penjualan juga reputasi. Tingkat kepercayaan tinggi pada pribadi penjual akan berimbas pada segala produk yang ditawarkannya, karena dengan melihat reputasi maka calon pembeli tidak akan berpikir berulang kali untuk melakukan transaksi pembelian.

Aktif Promosi dan Berkomunikasi
Perlu melakukan promosi langsung maupun terselubung secara terus menerus mengenai informasi produk dan guna mempertahankan eksistensi bisnisnya. Promosi langsung umumnya melalui pemasangan iklan di beberapa media online bahkan antar teman. Selain itu yang bagus adalah promosi terselubung yang salah satunya bisa menggunakan media blog menulis ulasan mengenai produk yang ditawarkan.

Tentu saja dalam ulasan ini haruslah benar-benar cerdas karena terkadang orang membuat satu artikel ulasan produk terlalu “heboh” untuk menyatakan bahwa produk itu sangat hebat. Hal itu sering membuat pembaca yang menjadi target menjadi lepas karena mereka malah menjadi curiga bahwa produk tersebut sebenarnya tidak berkualitas.

Komunikasi secara interaktif dengan orang lain juga memperbesar peluang produk anda dikenal orang lain. Teknik tersebut sudah banyak yang memanfaatkannya melalui forum umum, fans page di facebook, dan lain-lain. Ini juga termasuk dalam teknik pemasaran strategis yang seharusnya dilakukan oleh setiap pelaku usaha.

Stok Mencukupi
Bisnis online tidak selalu menggunakan dropshipping atau menjual produk orang lain, tetapi juga produk milik sendiri. Hal yang perlu diperhatikan adalah mengenai kesiapan stok yang ada, hal ini untuk mengantisipasi permintaan yang diluar perkiraan. Informasi yang terus diperbarui mengenai jumlah stok sangat diperlukan agar calon pembeli tidak kecewa ketika sudah melakukan transaksi tetapi barang yang dibeli tidak ada. Seringkali para pelaku bisnis online (mungkin) mengabaikan atau tidak sempat melakukan update informasi stok barang. Oleh karena itu harus mengubah perilaku tersebut agar reputasi terhadap layanan memuaskan pembeli.

Dari berbagai hal yang ditulis diatas itu akan memungkinkan calon pembeli lebih bisa percaya terhadap anda sebagai penjual serta produk yang ditawarkan. Orang akan merasa aman dalam bertransaksi karena segala informasi penjual dan produknya dipaparkan secara jelas dan bisa dihubungi atau didatangi.

Copy link
Powered by Social Snap