Hilangkan Rasa Takut Ketika Memulai Usaha

Memulai sebuah bisnis seperti usaha mikro, kecil, dan menengah seperti menatap jurang yang dalam. Dalam pengartian bahwa sangat berat dan tantangannya besar disertai resiko yang selalu menghantui setiap saat. Hal itu sering dialami oleh seorang calon wirausahawan yang belum memiliki pengalaman tentang dunia kerja khususnya bisnis.

Kegelisahan lainnya yang paling umum adalah mengenai modal usaha, walaupun saat ini banyak alternatif untuk mendapatkan modal bisnis baik secara langsung maupun tidak langsung. Nah saya jelasnya singkat saja ya bahwa modal langsung itu berasal dari simpanan pribadi atau hutang melalui lembaga keuangan seperti perbankan.

Sedangkan modal tidak langsung berasal dari orang-orang yang membeli produk barang maupun jasa milik Anda. Model belanja sekarang sudah memiliki metode yang lebih fleksibel seperti halnya belanja online, pembeli akan membayar terlebih dulu untuk produk yang akan dibelinya. Nah itu termasuk modal yang secara tidak langsung didapatkan oleh orang lain yang nantinya bisa Anda pergunakan untuk produksi atau membeli (kulakan) dari pihak produsen. Sederhana kan?
Hilangkan Rasa Takut Ketika Memulai Usaha
Ketakutan lainnya adalah menjual sebuah produk baru yang belum dikenal atau familiar. Ada satu kisah pada awal 80-an seorang usahawan membuat terobosan membuat produk air mineral. Pada jaman itu konsumsi air minum lebih umum dengan merebusnya terlebih dulu kemudian didinginkan.

Pasar tidak begitu merespon produk “aneh” hingga beberapa tahun sehingga membutuhkan inovasi pada strategi penjualan. Akhirnya setelah melewati berbagai kendala serta proses yang terhitung lama akhirnya air minum kemasan botol bisa diterima pasar hingga sekarang.

Kisah singkat di atas memberikan suatu pelajaran bahwa ketika kita memiliki produk yang benar-benar baru, untuk mengenalkan di pasar memang membutuhkan waktu. Kejelian serta inovasi ide pada strategi pemasaran memiliki peranan yang sangat penting dan vital. Oleh sebab itu sebagai seorang wirausahawan dituntut cerdas dalam menyikapi, menilai, serta mengeksekusi setiap permasalahan guna mendapatkan solusi yang menguntungkan.

Copy link
Powered by Social Snap