Jasa Editing Video Untuk Pemula atau Amatir

Peluang Bisnis Jasa Editing VideoSaat ini sudah banyak beredar gadget yang sudah dilengkapi dengan fitur kamera yang bisa untuk foto dan video, pasti kebanyakan orang memakai kamera terutama video untuk berbagai keperluan.

Nah kadang ada keinginan agar video yang telah direkam itu bisa ditonton oleh orang lain, otomatis perlu dilakukan proses editing video sehingga gambar tersebut bisa nyaman dilihat. Namun tidak semua orang bisa melakukan hal itu mungkin karena kendala tidak punya komputer dan kemampuan untuk itu. Kita bisa melihat hal tersebut merupakan suatu peluang bisnis yang menarik serta menguntungkan.

Mungkin anda beranggapan sudah banyak orang yang melayani editing video terutama bagi usaha video shooting. Jika ada yang berpikiran seperti itu sebaiknya dibuang jauh-jauh, karena sampai saat ini hanya beberapa usaha jasa editing video mampu menangani pesanan dalam jumlah banyak.

Memang ada juga yang mau menerima tetapi apakah konsumen mau menunggu dalam waktu lama untuk mendapatkan hasilnya karena pesanannya ditempatkan pada antrian urutan belakang? Bahkan paling parah mereka menolaknya karena sudah kewalahan untuk menyelesaikan pesanan-pesanan sebelumnya. Sekali lagi ini adalah peluang bisnis!

Kenapa saya bisa memberi alasan seperti itu? Gampang saja, soalnya saya juga bekerja di dunia sinematografi yang berhubungan dengan produksi termasuk diantaranya layananan editing video dan mengerti bagaimana repotnya mengurusi order yang masuk. Memang beberapa kali ada order untuk edit video rekaman dari HP yang durasinya pendek kisaran beberapa menit (paling lama 5-10 menit), tapi karena banyaknya order yang harus saya selesaikan akhirnya pengerjaannya dilimpahkan ke orang lain.

Nah berdasarkan pengalaman itu saya optimis bahwa jasa editing video masih punya peluang yang bagus, karena untuk tingkatan editing sederhana tidak dibutuhkan kemampuan profesional untuk mengerjakannya. Anda hanya cukup punya perangkat komputer atau laptop, piranti lunak editing video, dan perangkat cd/dvd rom untuk mengolah hasil akhir menjadi format vcd atau dvd (tapi sekarang orang sudah banyak memakai DVD)

Mengerjakan Proses Editing Yang Sederhana dan Mudah

Peluang Usaha Editing VideoApa saja yang bisa dilakukan dengan editing video? Itu gambaran pertanyaan bagi orang yang memang benar-benar awam tentang editing, jawabannya sebenarnya juga sederhana. Anda bisa mengubah file video asli dari rekaman ke format yang bisa dikenali dan diputar di perangkat pemutar video yang banyak beredar dipasaran saat ini, selain itu bisa menambahkan tulisan dan gambar, menggabungkan video satu dengan lainnya,  menambahkan efek sesuai yang dibutuhkan, serta masih banyak lagi.

Semua pekerjaan itu bisa anda lakukan sesuai permintaan atau order dari klien. selain itu waktu dalam mengedit video tidak membutuhkan waktu lama karena durasi yang dipakai kebanyakan pendek tidak sampai puluhan menit.

Yang harus anda sediakan jika menjalankan usaha sampingan ini beberapa diantaranya adalah kepingan cd/dvd dan alat pembaca kartu memori (card reader). Kenapa harus pakai card reader? Soalnya orang saat datang pada anda untuk menyerahkan file video yang akan di edit pasti tidak bawa kabel data untuk mengambil file video di HP.  Sedangkan penggunaan CD/DVD tergantung kebutuhan, biasanya untuk durasi pendek kisaran 5-10 menit cukup pakai CD yang nantinya jadi bentuk miniDVD.

Memilih Software Video Editing

Paling gampang anda bisa menggunakan program yang sudah disertakan (built-in) pada sistem operasi windows seperti Windows Movie Maker, hanya saja secara pribadi saya jarang sekali memakainya karena program bawaan windows ini hanya mendukung beberapa format video saja. Walaupun punya fitur terbatas anda bisa menggunakan Windows Movie Maker untuk editing ringan yang tidak membutuhkan efek terlalu banyak seperti teks dan transisi antar gambar.

Software lainnya yang banyak digunakan adalah Adobe Premiere, piranti lunak editing video ini bisa dikatakan banyak penggunanya karena sering diperkenalkan sebagai software editing standar yang banyak dipakai secara personal maupun profesional.

Saya sendiri dulu pernah menggunakan Adobe Premiere tapi tidak lama, karena selain pada waktu itu spesifikasi piranti keras (hardware) PC yang dipakai masih belum maksimal hingga kalau dipergunakan lambat. Sebagai software video editing profesional Adobe Premiere mempunyai banyak fitur yang bisa digunakan untuk berbagai keperluan. Untuk mempelajari perangkat ini memang dibutuhkan waktu, tetapi jangan berkecil hati karena untuk editing ringan saya pastikan anda bisa menggunakannya.

Berikutnya adalah Sony VEGAS, ini merupakan senjata andalan saya yang masih saya pergunakan hingga sekarang. Setelah dulu mencoba berbagai macam software editing video akhirnya pilihan jatuh pada Sony VEGAS. Alasan pilihan saya adalah dibandingkan yang lain Sony VEGAS lebih mudah dipelajari dan dipahami sehingga tidak membutuhkan waktu lama, sudah mendukung banyak format video yang umum dipergunakan saat ini, pilihan efek yang bervariasi tak kalah dengan Adobe Premiere membuat pekerjaan menjadi mudah, serta kelebihan yang tidak bisa ditulis disini soalnya bisa menghabiskan beberapa halaman kalau diulas hehehehe….

Pilih Software Gratis atau Berbayar?

Jawabannya tergantung anda sendiri, kalau ingin menjadikan bisnis sampingan editing video ini berkembang lebih baik berbayar. Kalau menggunakan software bajakan bagaimana ya? Ya sekali lagi itu terserah anda sebagai pemakai hehehehe… Tapi jika tidak memiliki modal lebih untuk membeli versi berbayar anda bisa menggunakan software gratis sebagai alternatif, selain banyak pilihan seperti yang berbayar juga mempunyai berbagai kelebihan serta kekurangannya. Disini saya berikan 5 software editing video gratis terbaik yang bisa anda pilih untuk digunakan.

  • Windows Movie Maker, pengguna dapat membuat film sendiri di rumah dengan mudah dan sederhana dalam menggunakannya. Piranti lunak ini Ini berisi fitur-fitur seperti efek dan transisi video, teks, audio track, timeline narration, dan masih banyak lagi. Terlebih lagi, efek baru dan transisi dapat ditambahkan dan dapat diubah dengan menggunakan kode XML.
  • VirtualDub, adalah video editing software bisa dikatakan bagus dengan fitur yang luar biasa banyak seperti kompresi video, video splitting, dan penambahan track audio. VirtualDub juga memiliki kemampuan batch-processing untuk menangani sejumlah besar file dan dapat dimasukkan filter-filter tambahan yang tidak terdapat pada perangkat itu sendiri.
  • Wax, sebuah program editing video yang sederhana dan fleksibel dalam penggunaannya. Selain bisa dipergunakan sebagai program editing yang berdiri sendiri juga bisa digabungkan dengan perangkat lunak video editing lain yang nantinya berfungsi sebagai plug-in tambahan.profesional. Hal ini dapat digunakan sebagai aplikasi yang berdiri sendiri, atau sebagai sebuah plug-in untuk editor video lainnya.
  • Avidemux,  sebuah perangkat lunak yang dirancang untuk melakukan editing video sederhana, filtering dan encoding. Mendukung berbagai jenis format file seperti AVI, MPEG yang kompatibel dengan DVD, MP4 dan ASF.
  • Jahshaka, software editing video opensource pertama yang bisa bekerja secara realtime. Dengan kekuatan OpenGL dan OpenML, memberikan kepuasan terhadap fleksibilitas pemakaian pengguna. Saat ini Jashaka dapat dipergunakan pada sistem operasi Linux, OS X, Irix, dan Windows serta dianggap sebagai salah satu editor video gratis terbaik untuk Windows.

Terus Belajar Untuk Mengembangkan dan Meningkatkan Kemampuan

Kehidupan itu dinamis, tiap detik peradaban dunia akan semakin berkembang dan maju. Oleh karena itu jangan berdiam diri atau puas dengan apa yang sudah dicapai saat ini, terutama mengenai perkembangan dunia sinematografi khususnya editing video. Anda harus terus mengikuti informasi-informasi terbaru serta menciptakan ide-ide segar dan kreatif dalam mengolah video sehingga hasilnya bisa dinikmati oleh orang lain. Hal itu juga menentukan usaha jasa yang anda geluti akan semakin berkembang atau bahkan terpuruk karena kompetitor anda sudah mendahului karena mereka terus mengikuti perkembangan informasi dan teknologi.

Copy link
Powered by Social Snap