Maksimalkan Penjualan Dengan Strategi Pemasaran

Maksimalkan Penjualan Dengan Strategi PemasaranDalam bisnis untuk menjual produk barang maupun jasa intinya ada pada pemasaran, karena pada bagian ini yang sangat menentukan grafik penjualan sehingga mendapatkan keuntungan yang besar. Marketing konvensional hingga saat ini masih dilakukan orang dengan konsekuensi biaya operasional yang tinggi seiring meluasnya wilayah pemasaran.

Sebenarnya pemasaran dengan teknik lama tidak ada yang salah, tinggal bagaimana sebisa mungkin menggunakan trik-trik lain agar lebih efisien guna mendapatkan target pembeli yang potensial. Kali ini kami dari TipsIdeBisnis.com akan mengulas berbagai teknik marketing dari konvensional hingga modern termasuk diantaranya soal biaya dari gratis sampai berbayar.

 

Manfaatkan Internet Sebagai Alat Pemasaran

Teknologi internet sekarang ini sudah menjadi konsumsi banyak orang terutama di Indonesia dengan indikator jumlah pengguna yang meningkat secara signifikan. Tren tersebut bisa menjadi peluang yang menguntungkan untuk dimanfaatkan sebagai alat untuk memasarkan produk bisnis yang dimiliki.

Seperti telah banyak diulas bahwa pengguna layanan jejaring sosial atau situs pertemanan semacam FaceBook, Twitter, Forum Komunitas online dan sejenisnya sudah sangat banyak. Dengan memiliki teman yang banyak bisa diartikan mendapatkan suatu jaringan yang potensial dan menguntungkan untuk keperluan bisnis. Media sosial menjadi senjata ampuh untuk menyebarkan informasi terutama tentang produk barang maupun jasa karena sifatnya yang interaktif membuat orang mudah mengetahui berbagai produk yang menarik.

Ada cerita menarik dari saudara saya sendiri saat dia berjualan tas sebelum memanfaatkan media online. Penjualannya kurang begitu memuaskan sehingga perputaran modal yang dikeluarkan untuk membeli barang lama kembalinya. Setelah memanfaatkan facebook selama beberapa waktu sebagai sarana menyebarkan barang dagangannya akhirnya sekarang ini malah kewalahan menerima pesanan tas yang dikhususkan untuk pangsa pasar perempuan.

 

Tips Strategi Pemasaran Bisnis Online

Tidak ada yang istimewa dalam menjalankan marketing online, secara sederhana hanya perlu memasang foto produk disertai keterangan lengkap secara detail dari ukuran, bahan, hingga berat per-item secara berkala. Katalog produk tersebut bisa dipasang di media sosial agar setiap orang bisa melihat mulai dari jaringan pertemanannya sendiri hingga orang lain berdasarkan rekomendasi.

Setiap pengunjung bisa bertanya sampai detail mengenai barang yang diinginkan hingga pada tahapan akhir soal transaksi dan pengiriman. Kemudahan calon pembeli berinteraksi dengan penjual membuat nilai tambah soal kepercayaan karena bisnis online sekarang ini sedang mengalami masa krisis kepercayaan dari pembeli akibat maraknya penipuan di internet.

Usaha untuk meningkatkan kepercayaan pasar terhadap segala produk yang ditawarkan salah satunya adalah dengan testimonial dari para pembeli. Ungkapan kepuasan dari orang-orang yang telah memanfaatkan produk anda menjadi menjadi nilai positif bagi calon pembeli lain karena dari testimoni itulah kualitas produk bisa menjadi pertimbangan ketika akan membelinya.

Salah satu media sosial yang banyak memanfaatkan testimonial untuk mendongkrak reputasi bisnis adalah forum online. Tidak jarang sebagai penjual juga mendapatkan komentar negatif tapi jangan pernah melihat itu sebagai suatu yang buruk karena testimoni negatif bisa menjadi kritikan dan saran agar pelayanannya menjadi lebih baik.

 

Tips Promosi Melalui YouTube

Cara pemasaran gratisan lain yaitu dengan menggunakan metode video marketing. Youtube sebagai pemberi layanan video streaming secara gratis menjadi salah satu pilihan untuk alat promosi produk anda secara lebih menarik dengan format audio visual.

Anda pasti sudah tau kekuatan Youtube yang telah mengangkat Justin Bieber sebagai penyanyi terkenal serta dari Indonesia sendiri Norman Kamaru dengan lipsync lagu India, serta masih banyak lagi. Oleh karena itu sebaiknya pemasaran menggunakan media video streaming menjadi salah satu pilihan yang punya nilai positif untuk menjaring target pembeli yang diinginkan.

Membuat promo video iklan sebenarnya bisa dengan cara sederhana tanpa harus benar-benar menjadi sinematografer handal. Berbagai piranti lunak gratis dapat digunakan dalam mengolah rekaman video, sedangkan untuk ilustrasi gambar maupun musik juga bisa didapat secara gratis dengan lisensi bebas untuk kepentingan komersial maupun non komersial.

Yang harus menjadi perhatian ketika membuat promosi video adalah membuat penyampaian ke audiens terkesan menarik dan membuat penasaran, dan itu juga tidak mudah. Sebelum membuat video iklan sebaiknya melihat-lihat iklan video yang banyak bertebaran di Youtube sebagai sumber ide.

 

Tetap Gunakan Metode Promosi Tradisional

Setelah melakukan semua hal diatas juga jangan lupa tetap gunakan cara promosi konvensional seperti membuat selebaran, brosur, banner, dan lain-lain. Tapi perlu diingat efsisiensi agar tepat sasaran harus menjadi poin utama salah satunya adalah memasang selebaran di tempat strategis dan mencolok tanpa harus dalam jumlah banyak.

Manfaatkanlah berbagai ruang publik untuk promosi dengan cara yang santun, penuh etika, dan memperhatikan kebersihan serta keindahan tempat tersebut. Dengan dasar itu maka orang akan bisa menyimpulkan produk tersebut terpercaya karena punya tanggungjawab.

Strategi pemasaran konvensional selain lewat media bentuk cetak juga perlu komunikasi dan berinteraksi langsung dengan orang-orang yang ditemui. Pemaparan produk secara langsung face to face seharusnya menggunakan cara berkomunikasi yang sehat, beretika, dan menarik.

Perhatikan situasi dan kondisi orang yang anda ajak bicara serta lingkungan sekitarnya apakah mendukung atau tidak. Karena jika memaksakan diri menawarkan produk secara frontal tanpa memperhatikan itu semua maka tidak ada keuntungan yang bisa didapatkan malah yang ada respon negatif karena orang itu merasa terganggu.

Copy link
Powered by Social Snap