Memanfaatkan Berbagai Macam Material Dari Sampah Elektronik

Peluang BIsnis Daur Ulang Sampah ElektronikPeluang bisnis bisa didapatkan dari berbagai sumber salah satunya dengan memanfaatkan limbah elektronik yang tidak bisa diperbaiki dan dipergunakan lagi. Seperti yang sudah diketahui limbah elektronik sudah menjadi suatu ancaman serius terhadap lingkungan dan makhluk hidup.

Hal tersebut disebabkan perangkat atau komponen elektronik banyak menggunakan bahan-bahan yang beracun terutama pada tanah, udara, dan manusia.

Tulisan kali ini merupakan lanjutan dari topik bahasan tentang peluang bisnis daur ulang sampah elektronik. Pada tulisan terdahulu telah ditulis mengenai pengolahan komponen-komponen elektronik yang mengandung emas.

Selain emas banyak komponen elektronik lainnya yang bisa diambil dan kemudian mendaurulang menjadi produk lain yang bernilai. Ini merupakan sebuah bisnis menguntungkan yang patut dijadikan pertimbangan mengingat sudah semakin banyak sampah elektronik di Indonesia yang belum dimanfaatkan secara maksimal.

Dibawah ini adalah beberapa komponen elektronik khususnya dari perangkat komputer yang bisa diambil antara lain adalah:

  • Tabung televisi atau monitor komputer yang mempunyai lebih banyak terbuat dari kaca dan selebihnya material logam.
  • Degaussing atau komponen pembuang muatan listrik statis yang biasanya ada pada televisi tabung dan monitor komputer tabung mempunyai lebih banyak kandungan besi dan sebagian kecil lainnya dari bahan plastik.
  • Yoke Deflection atau kumparan yang biasanya dipasang pada leher televisi atau monitor komputer tabung yang gunanya untuk membangkitkan medan magnetik gambar horisontal dan vertikal. Komponen ini mengandung lebih banyak material tembaga dan sebagian kecil lainnya bahan  plastik.
  • Chassing komputer yang didominasi dari bahan metal atau besi serta bagian kecil lainnya adalah bahan dari plastik.
  • Floopy Drive yang sekarang ini sudah tidak dipergunakan lagi bisa diambil materialnya karena persentase terbesar terbuat dari bahan besi dan selebihnya plastik.
  • Keyboard dan mouse komputer ini sudah jelas bahan yang dipakai dalam pembuatannya lebih banyak menggunakan material plastik serta selebihnya plastik dan tembaga yang bisa didapatkan dari kabel dan sirkuit elektroniknya.
  • CD/DVD ROM yang sudah tidak bisa dipergunakan lagi bisa dimanfaatkan materialbesi dan plastiknya.
  • Harddisk dari komponen komputer apapun ukurannya sebagian besar materialnya terbuat dari alumunium dan seabgian kecil lainnya besi dan tembaga.
  • Heatsink atau pendingin ada dua macam yaitu mini fan (kipas angin kecil) dan pendingin logam. Mini fan lebih banyak terbuat dari bahan plastik, sedang material lainnya yang bisa dimanfaatkan adalah tembaga. Pendingin logam kebanyakan terbuat dari bahan alumunium.
  • PSU (Power Supply Unit) bisa diambil chassingnya karena terbuat dari bahan besi.
  • Laptop atau notebook yang terbuat dari bahan plastik, besi, dan alumunium
  • Selebihnya sektup, baut, dan mur yang terbuat dari material besi.

Secara umum yang lebih banyak dapat diolah dengan mudah dan cepat dari berbagai peralatan elektronik adalah material besi, tembaga, plastik, dan kaca. Untuk barang-barang elektronik produksi diatas tahun 80-an biasanya sudah banyak memakai bahan plastik dibandingkan besi karena bobotnya lebih ringan.

Hasil dari pemilihan komponen-komponen elektronik yang terbuat dari bahan besi, tembaga, plastik, dan kaca bisa di daur ulang dengan cara dilebur kemudian dibuat menjadi produk lain yang berguna. Selain itu Sampah elektronik juga bisa menjadi sumber ide dan peluang bisnis kerajinan tangan dengan memanfaatkan barang-barang tersebut menjadi produk seni yang berkelas.

Copy link
Powered by Social Snap