Memanfaatkan Peluang Bisnis Event Organizer Secara Profesional

Memanfaatkan Peluang Bisnis Event Organizer Secara ProfesionalSebuah perencana dan penyelenggara acara (event planner, event organizer, atau event management dalam penyebutan umum) biasanya mengelola acara-acara seperti pesta pernikahan, pesta ulang tahun, pertemuan, peluncuran suatu produk, serta acara lain yang sifatnya seremonial.

Usaha jasa ini seringkali membutuhkan waktu untuk proses pengembangannya, tetapi bisnis jasa perencana dan pengelola acara atau lebih dikenal event organizer akan membutuhkan lebih banyak waktu lagi. Hal itu disebabkan bekerja untuk melayani beberapa klien pada satu waktu yang bersamaan akan lebih kompleks dalam mengelola ide dan segala kebutuhan untuk memenuhi keinginan klien tersebut.

Mengelola suatu acara bagi orang lain sesuai dengan keinginannya memang tidak sepenuhnya bisa memuaskan, oleh karena itu sangat perlu untuk mengkhususkan diri dalam layanan yang dimaksud. Hal tersebut selain masalah profesionalisme juga fokus terhadap kemampuan serta keahlian yang dimiliki untuk merancang suatu acara secara maksimal. Perencanaan suatu acara harus meliputi riset guna memunculkan ide, desain acara, memilih lokasi acara, pemilihan dekorasi, hiburan, penyajian makanan dan minuman, transportasi, undangan, mengatur akomodasi untuk peserta dan pihak penyelenggara, koordinasi acara, pengawasan lokasi acara, serta evaluasi.

Dalam perencanaan suatu acara harus memerlukan analisa yang cermat sesuai dengan kebutuhan yang diinginkan, hal tersebut meliputi ide, anggaran, dan eksekusi rencana. Untuk menjadi seorang perencana dan pengelola acara seseorang harus bisa menjaga keseimbangan antara sumber daya yang dimiliki dengan biaya yang tersedia untuk memaksimalkan keinginan klien. Sumber daya manusia yang dimiliki haruslah memiliki pengetahuan yang luas dan kreatifitas tinggi dalam memunculkan ide untuk mengolah keinginan klien menjadi suatu kreasi acara terbaik.

Seorang pelaku bisnis event organizer harus mempunyai tim solid yang bisa bertindak dengan cepat dan tepat ketika dalam kondisi tertentu ketika acara diselenggarakan. Ketika perencanaan telah dipersiapkan secara matang terkadang dalam prakteknya seringkali mendapati kekurangan yang sifatnya spontan dengan kondisi berdasarkan permintaan klien yang mendadak terhadap hal-hal yang kecil.

Kemampuan dalam mengatasi persoalan-persoalan kecil diluar rencana akan membuat klien atau orang lain yang melihatnya sebagai profesionalisme yang patut menjadi perhitungan dan “rekomendasi” untuk menggunakan jasanya pada acara-acara berikutnya. Ini merupakan pengakuan tak langsung terhadap kinerja anda dan tim dalam menangani suatu event yang berdampak pada pengembangan usaha jasa kedepannya.

Ada satu yang perlu diingat serta dipahami bahwa untuk menjadi orang sukses dalam menjalankan bisnis tidak sepenuhnya harus mengawali dengan hal yang besar, semuanya pasti dimulai dari hal yang kecil serta sederhana.

Copy link
Powered by Social Snap