Membangun Toko Online Tanpa Modal

Judul diatas terkesan bombastis kan? Sebenarnya yang dimaksud tanpa modal adalah soal stok barang. Bisnis apapun itu perlu modal walaupun tidak selalu berupa uang, seperti halnya alat bantu kerja, tenaga, maupun pikiran. Nah kembali ke topik semula, jika Anda memang ingin membuka usaha jual barang maupun jasa secara online bisa dikatakan mudah meskipun modal awal berupa uang tidak memenuhi syarat.

 

Bisnis Online Dropshipping

Cara termudah adalah dengan dropshipping, model ini sudah lama dikenal oleh para pelaku bisnis online karena kemudahan yang ditawarkan oleh pihak pemilik barang. Anda cukup menawarkan produk dengan modal katalog yang diberikan penjual kemanapun anda suka seperti sosial media facebook, twitter, google plus, forum online, hingga menawarkan langsung.

Kendala sistem dropshipping adalah tentang update stok barang, jika pihak penjual terlambat melakukan itu maka Anda akan mengalami masalah dengan para calon pembeli. Selain itu lokasi pemilik barang yang jauh menjadi kendala tersendiri walaupun itu bukan menjadi masalah serius. Namun, jika lokasi penjual dekat maka Anda akan lebih mudah memantau stok barang hingga memilih secara langsung berdasarkan kualitas produk sehingga akan lebih membuat nyaman ketika menawarkan kepada orang lain.

 

Tips Membangun Toko Online Tanpa Modal

 

Tips Bisnis Dropshipping

Alternatif yang bisa Anda gunakan adalah berusaha mencari dan menemukan penjual/pemilik barang yang berada dalam kota yang sama. Carilah melalui media sosial atau forum online berdasarkan pencarian kota.

Setelah terkumpul data-datanya maka tinggal mengontak satu persatu berdasarkan kategori barang yang akan anda jual secara online. Datangi tempat penjualnya dan lakukan negosiasi harga. Pilih barang yang sekiranya punya kualitas yang bagus.

Persiapkan alat tempur kamera digital atau DSLR dengan setting terbaik untuk mengambil gambar masing-masing item produk. Hal itu dilakukan jika pemilik tidak memiliki gambar yang lengkap atau kualitas foto kurang baik. Jangan lupa catat semua keterangan barang secara detail agar memudahkan Anda memasukkan dalam deksripsi produk kedalam web/blog toko online.

Soal pengiriman barang bisa dipercayakan kepada pemilik produk atau Anda sendiri yang melakukannya. Saya lebih suka dengan cara kedua karena bisa memilih barang yang berkualitas serta waktu pengiriman bisa diatur sesuai keinginan.

Kelebihan mencari penjual lokal adalah update stok barang bisa dilakukan setiap saat secara mudah. Ketika Anda mendapatkan pemesanan khusus dengan jumlah banyak akan lebih mudah memantau proses kesiapan stok atau pengerjaan pesanan.

Nilai tambah lainnya Anda sebagai penjual online yaitu modal untuk membeli barang diperoleh dari pembeli. Sudah menjadi kewajaran dalam bertransaksi melalui internet bahwa pembeli akan membayar terlebih dulu untuk barang yang dibelinya.

Secara logika dan matematika maka Anda sudah mendapatkan keuntungan terlebih dulu dari selisih harga jual. Uang yang sudah ditangan tinggal dibelanjakan kepada pemilik barang yang dimaksud.

Ongkos pengiriman juga menjadi tanggungan pembeli dan disertakan ketika pada pembayaran, sehingga hanya kecepatan dalam mengelola pesanan hingga pada tahap pengirimanlah yang menentukan reputasi Anda sebagai penjual online.

Cara diatas adalah solusi bisnis mudah dengan modal yang minimalis. Manfaatkan peluang yang masih ada sebelum didahului kompetitor lain. Oleh sebab itu rencanakan dan jalani secara profesional dalam membangun usaha online jika Anda benar-benar tertarik. Selamat berbisnis!

Copy link
Powered by Social Snap