Mengubah Pola Bisnis Untuk Meraih Sukses

Mengubah Pola Bisnis Untuk Meraih SuksesUsaha skala mikro, kecil, dan menengah “biasanya” dijalankan dengan prinsip bisnis sederhana dengan ruang lingkup terbatas. Hal ini  dipengaruhi oleh pola pikir pelaku bisnis yang intinya asal bisa dapat untung sudah cukup untuk membiayai hidup. Padahal bisnis skala kecil dan menengah mempunyai potensi yang luar biasa jika dikelola dengan cerdas dan bijaksana.

Kendala Modal Pasti Ada Solusinya
Tantangan yang dihadapi oleh pelaku usaha kecil pada umumnya tentang masalah permodalan yang biasanya dijadikan suatu alasan soal pengembangan usahanya tersebut. Masalah permodalan dalam dunia bisnis tidak mengenal usaha kecil maupun besar, semua punya permasalah mengenai modal dalam usaha untuk meningkatkan bisnisnya agar lebih maju dan sukses

Oleh karena itu dibutuhkan keberanian untuk mengatasi masalah modal dengan berbagai usaha dengan mengakses pada jaringan informasi secara luas agar mendapatkan solusi maksimal dengan resiko minimal.

Kombinasi Tehnik Pemasaran
Tehnik pemasaran juga menjadi suatu permasalah selain tentang permodalan bagi usaha kecil. Berdagang secara sederhana banyak dijalankan oleh para pelaku bisnis yang berawal dari usaha rumah tangga, hal itu yang perlu diubah saat ini karena kompetisi bisnis sudah semakin ketat sehingga perlu menggunakan cara-cara baru yang lebih efektif.

Pemasaran konvensional dari mulut ke mulut dalam memperkenalkan usahanya membutuhkan waktu lama dan hasilnya pun tergantung dari kualitas layanan bisnis yang dijalaninya itu. Model marketing seperti tidak perlu dihilangkan, tetapi perlu dikombinasikan dengan pemasaran modern yang lebih efektif serta meminimalisir pengeluaran biaya untuk mendapatkan hasil maksimal yaitu keuntungan yang sebesar-besarnya.

Pemasaran yang bagus akan berdampak pada produk yang dijualnya walaupun dengan kualitas buruk sekalipun, tapi yang patut dilakukan adalah jual produk usaha kualitas dan layanan yang bagus disertai strategi pemasaran yang cerdas akan mendatangkan kesuksesan dengan jangka waktu lama.

Sangat disarankan bagi pelaku usaha kecil untuk menggali berbagai informasi dari manapun hingga soal pemanfaatan teknologi. Setiap detik waktu berlalu akan terdapat banyak informasi yang bisa diambil guna meningkatkan usaha yang dijalaninya itu.

Keinginan Pasar Adalah Peluang
Menterjemahkan keinginan para pembeli dan calon pembeli juga bagian mendapatkan peluang bisnis menguntungkan, karena jika produk yang dijual itu bisa memenuhi keinginan orang maka dapat dipastikan usaha yang dijalankannya itu bisa meraup untung banyak.

Tidak harus semua keinginan orang diimplemetasikan pada produknya itu, tetapi berdasarkan persentase jumlah orang yang menginginkannya. Ini termasuk kepedulian atau layanan terhadap pembeli agar mereka mendapatkan kepuasan setelah membeli atau menggunakan produk yang ditawarkan.

Sepenggal Kisah Nyata
Bagian yang terakhir saya akan memberikan contoh pelaku usaha kecil yang mengubah gaya bisnisnya dengan mengkombinasikan gaya konvensional dan modern. Seorang teman pada awalnya punya keinginan untuk berbisnis dengan membuka warung sederhana di lokasi strategis pinggir jalan utama dengan menu sajian untuk pangsa pasar abg. Pada perjalanan awal usahanya itu warung memang ramai dikunjungi orang terutama anak-anak muda tetapi lambat laun terasa mulai ada pneurunan hingga hanya segelintir orang saja yang datang.

Agar usaha warung makanan dan minuman siap saji itu tidak keburu bangkrut akhirnya pemilik warung tersebut mengubah menu sajiannya dengan inovasi ringan dari nama hingga bahan serta menambahkan layanan gratis akses internet hotspot. Kenapa hotspot? Teman saya mengatakan era internet saat ini sudah begitu menjamur dan menjadi kebutuhan setiap orang termasuk anak-anak muda.

Hal itu merupakan suatu teknik pemikat yang cerdas agar pengunjung bisa datang lagi ke warungnya. Sedangkan untuk promosi dia menggunakan media-media sosial di internet seperti facebook dan twitter. Setelah menjalani proses perubahan yang bisa dikatakan drastis akhirnya warungnya kembali “hidup” dan ramai bahkan sampai kewalahan hingga jam tutup warung ikutan molor hingga pagi.

Cerita diatas itu adalah kisah nyata yang memang saya korek dari pelakunya langsung serta dari teman-teman terdekatnya yang memang mengetahui perjuangan dari awal mendirikan usaha warung. Sebenarnya masih ada beberapa cerita lagi mengenai pelaku usaha kecil yang terhitung sukses menjalankan bisnisnya setelah menerapkan cara-cara baru penggabungan antara konvensional dan modern.

Semoga tulisan ini bisa menginspirasi pembaca sekalian dan bisa diambil mafaatnya, tentu saja harus dengan aksi nyata karena tanpa aksi segala informasi sebaik apapun jadi tidak berguna. Salam Bisnis!

Copy link
Powered by Social Snap