Peluang Bisnis Tanaman Lidah Buaya

Aloe Vera atau lebih dikenal dengan nama Lidah Buaya merupakan tanaman yang bisa ditemui disekitar kita. Tanaman ini mempunyai banyak khasiat hingga sampai sekarang ini sering dimanfaatkan untuk bahan dasar kecantikan dan obat-obatan. Lidah buaya yang cukup mudah untuk bisa tumbuh dengan baik di Indonesia, oleh karena itu tanaman ini bisa menjadi peluang bisnis yang menjanjikan.

Budidaya lidah buaya tidak begitu sulit dilakukan, bahkan ditempat seperti pot tanaman ini bisa tumbuh dengan baik. Teknik menanam pun secara umum hanya dengan memotong daunnya dan ditancapkan ditanah bisa dipastikan tumbuh dengan sempurna.

Sebelum melakukan proses penanaman sebaiknya memilih jenis lidah buaya yang nilai jualnya tinggi, salah satunya adalah lidah buaya jenis Aloe Barbandensis. Jenis ini mempunyai ukuran daun lebih besar dan panjang dibandingkan jenis aloe vera lainnya.

Peluang Usaha Tanaman Lidah Buaya - Aloe Vera

Menanam Aloe Vera Secara Sederhana
Cara penanaman lidah buaya secara detail sudah banyak artikel yang sudah membahasnya, tapi disini saya hanya membahas secara sederhana sekaligus memanfaatkan lahan yang ada. Seperti halnya tanaman lain, lidah buaya juga memerlukan pupuk alami guna mendapatkan hasil yang optimal.

Tanaman ini masa panennya tergolong cepat, setelah melewati waktu 7-11 bulan dari awal pembibitan daun lidah buaya bisa diambil. Perkiraan waktu tanam hingga panen ini berdasarkan pengalaman pribadi, mungkin jika di tempat lain bisa berbeda tergantung kondisi tanah dan iklim. Kesimpulannya jika semakin banyak menanamnya dengan menggunakan teknik rotasi waktu tanam maka masa panen bisa sering dilakukan.

Mengolah Aloe Vera Menjadi Makanan dan Minuman
Setelah panen daun lidah buaya ini bisa dimanfaatkan untuk berbagai macam kegunaan, salah satunya adalah diolah menjadi makanan. Kenapa makanan? karena untuk pengolahan lidah buaya menjadi makanan masih sedikit yang melakukannya, oleh karena itu saya katakan sebelumnya tanaman ini mempunyai nilai ekonomi tinggi dan peluangnya sangat menguntungkan.

Salah satu makanan olahan dari tanaman ini adalah kerupuk lidah buaya, seperti yang sudah dilakukan oleh seorang pelaku usaha di Pontianak, Kalimantan Barat. Kerupuk lidah buaya tidak hanya dipasarkan di pasar lokal saja tetapi sudah diminati pembeli sampai di Brunei, Malaysia, dan Singapura.

Tidak hanya dalam bentuk makanan saja, lidah buaya juga bisa diolah menjadi minuman yang menyehatkan. Dengan teknik pengolahan sederhana kulit aloe vera dikeringkan dan mengkonsumsinya seperti layaknya kita membuat minuman teh.

Produk makanan dan minuman diatas itu hanyalah sedikit dari banyak hasil olahan dari bahan lidah buaya, ide dan kreatifitas memang diperlukan untuk membuat produk-produk yang mempunyai potensi jual di pasaran.

Copy link
Powered by Social Snap