Waspadai Penawaran Yang Mengandung Unsur Penipuan

Mewaspadai Penawaran Yang Mengandung Unsur PenipuanTingkat pengangguran dan kesejahteraan sosial masih masih kurang menimbulkan menjamurnya kasus-kasus penipuan yang menawarkan berbagai peluang bisnis mudah dengan penghasilan luar biasa “katanya” menguntungkan. Gaya penyampaian yang membuat orang tidak bisa berpikir lebih jauh untuk mencerna dan mempelajari sistem yang ditawarkan membuat banyak orang jatuh menjadi korban.

Produk elektronik biasanya sering digunakan untuk melakukan penipuan dengan cara menjual dengan harga terlalu murah dibandingkan harga pasaran yang paling murah sekalipun. Beberapa rekan dari tim TipsIdeBisnis.com pernah beberapa kali mendapatkan penawaran elektronik tersebut dengan iming-iming mendapatkan harga lebih cantik jika bersedia menjadi reseller dengan jumlah pembelian tertentu untuk beberapa item barang yang ditawarkan itu.

Karena terlalu seringnya mendapatkan penawaran melalui situs media sosial dan email akhirnya kami berinisiatif melakukan investigasi pada salah satu penjual yang begitu hebohnya menawarkan barang. Sang penjual memiliki situs utama yang dijadikannya sebagai toko online dengan menampilkan banyak barang-barang elektronik seperti komputer jinjing, komputer tablet, handphone, hingga beberapa produk kebutuhan rumah tangga lainnya.

Pada halaman kontak terpampang dengan jelas alamat, nomor telfon, hingga email, bahkan memasang kontak interaktif menggunakan akun messenger. Sepintas alamat tersebut memang bisa dipercayai tapi setelah melakukan penelusuran lebih dibantu dengan kenalan dari kota tersebut akhirnya diketahui alamat itu asli tapi palsu karena pemilik toko yang sebenarnya tidak tahu menahu tentang penawaran online bahkan pemilik belum pernah melakukan penawaran lain selain penjualan model konvensional.

Kembali lagi ke investigasi situs pada halaman depan terpampang sebuah foto yang menunjukkan beberapa karyawannya menunggu disalah satu stand semacam pameran indoor. Di atasnya ada banner melintang gantung dengan berisi tulisan nama toko, alamat, nomor telfon, alamat website, dan email.

Namun setelah diamati dengan teliti ada yang janggal dari gambar yang diakui sebagai salah toko penjual. Banner terlihat dibuat dengan rekayasa olah grafis digital secara kasar dan tidak tepat peletakkannya untuk menutupi banner dari gambarnya yang asli.

Kemudian masuk ke produk yang dijual, harga yang ditawarkan sangat tidak masuk akal dibawah 50% padahal semua barang baru dan diakui sebagai barang asli bukan kloningan. Gambar-gambar pada masing-masing produk-pun bukan diambil dari dagangan toko melainkan mengambil dari situs-situs yang banyak menyediakan foto produk elektronik.

Kesimpulan dari berbagai penawaran yang ada di internet sebaiknya disikapi dengan bijaksana dan cerdas, jangan terburu nafsu melihat harga yang super murah dan akhirnya malah kehilangan uang yang begitu banyak. Sebaiknya mencari barang yang akan dibeli untuk dijual lagi melalui berbagai forum komunitas yang biasa memberikan testimoni atau pengalaman setelah melakukan pembelian pada penjual produk. Cara tersebut untuk meminimalisir atau filter agar terhindar dari jebakan penipuan online yang berkedok menjual barang murah bagi end user maupun reseller. Salam Bisnis!

Copy link
Powered by Social Snap